Template by:
Free Blog Templates

Kamis, 30 April 2009

Kembalinya Flu Babi


Akhir-akhir ini dunia dikejutkan dengan merebaknya virus baru yang diberi nama flu babi (Swine flu). :r Menurut catatan sejarah virus ini pernah membuat onar di Spanyol tahun 1918-1919 dan mengakibatkan 40 persen penduduk dunia terinfeksi. :o Virus ini memiliki tipe H1N1 dan dapat menyebar dari manusia ke manusia.
Virus ini menyebar lagi sekarang dengan negara sumbernya yaitu Meksiko yang penduduknya telah terinfeksi sebanyak 26 dan mengakibatkan 7 kematian. Di Amerika Serikat ditemukan 91 kasus serupa dan mengakibatkan 1 kematian. Sekarang tidak hanya di Benua Amerika, virus itu telah melalang buana sampai ke Eropa, Asia dan Australia. Dan mengakibatkan kasus serupa. :o
Virus ini bisa menyebar begitu luas karena mobilitas manusia yang tinggi. Dengan sifat virus yang dapat manular dari manusia ke manusia akan dapat mempermudah penyebarannya. Oleh karena itu, banyak negara-negara di dunia ini yang melakukan pencegahan dini dengan melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang masuk ke negaranya. :D Seperti yang dilakukan di negara Jepang dan Korea Selatan, pemerintahan di sana melakukan pemeriksaan di bandara-bandara yang merupakan pintu gerbang utama masuk ke negara itu.
Terus bagaimana yang dilakukan di negara kita? :d Pemerintah kita sekarang sudah mulai mengantisipasi dampak virus dan telah menyiapkan dana penanggulangan agar virus tidak sampai masuk ke Indonesia begitulah yang dilangsir Menteri Keuangan. Karena kemungkinan virus masuk sungguh besar, jika dilihat dari mobilitas para turis yang datang ke Indonesia. Negara kita yang memiliki pusat pariwisata yang potensial khususnya Bali memberikan celah yang besar terhadap masuknya virus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar